Minggu, 09 Desember 2012


LATAR BELAKANG GERAKAN

Generasi muda merupakan ujung tombak bagi kemajuan bangsa, begitu pula dengan relawan muda garuda terdepan Palang Merah Indonesia (PMI) yang saat ini  memiliki peran yang sangat penting dalam masyarakat dan dalam perjalanan organisasinya.
        Korp Sukarela Palang Merah Indonesia Unit Universitas Islam Darul Ulum Lamongan  Merupakan intergenerasi muda, dimana sebagai warga negara yang dalam melaksanakan tugasnya sebagai mahasiswa dituntut pengabdiannya ke masyarakat  dengan rasa penuh tanggung jawab yang tinggi dan sikap suka rela serta mampu menformulasikan ilmu serta tenaganya dalam suatu aktifitas yang bercermin pada 7 Prinsip Dasar Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah dan berpegang teguh pada Tri Dharma Perguruan Tinggi.

PALANG MERAH

Dalam menjalankan kegiatan pelayanan, PMI didukung oleh sumber daya manusia yang tergabung di dalam keanggotaan PMI, yaitu:
·   Anggota remaja (Palang Merah Remaja/PMR)
·   Anggota biasa (Pengurus, Korps Sukarela/KSR dan Tenaga Sukarela/TSR)
·   Anggota luar biasa dan kehormatan
Relawan KSR  merupakan pelaksana kegiatan pelayanan yang dilakukan PMI, baik dalam penanggulangan bencana maupun pelayanan sosial kesehatan masyarakat. Keanggotaan remaja/PMR, kini tercatat sebanyak 1.633.182 orang, KSR 55.895 orang, dan TSR 44.668 orang.

Korps Sukarela (KSR)

Korps Sukarela (KSR) adalah kesatuan unit PMI yang menjadi wadah bagi anggota biasa dan perseorangan yang atas kesadaran sendiri menyatakan menjadi anggota KSR.

Persyaratan menjadi anggota KSR
·   WNI atau WNA yang sedang berdomisili di Indonesia
·   Berusia minimal 17 tahun
·   Berpendidikan minimal SLTP/Sederajat
·   Bersedia mengikuti pendidikan dan pelatihan
·   TFTU.jpglogo_pmi_transparan.pngBersedia menjalankan tugas kepalangmerahan secara terorganisir dan mentaati peraturan yang berlaku





Pendaftaran Anggota KSR
Apabila telah memenuhi persyaratan di atas, daftarkan diri ke Kantor PMI Cabang setempat dan bergabung menjadi KSR Unit Markas Cabang. Bila anda seorang mahasiswa suatu perguruan tinggi, dapat menghubungi Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang menangani kepalangmerahan dan bergabung menjadi anggota kepalangmerahan setelah melewati pendidikan dasar, maka dapat 
bergabung menjadi KSR-PMI Perguruan Tinggi. 

Pendidikan & Pelatihan
Setelah rekrutmen, anda akan mengikuti pelatihan tingkat dasar KSR, sebelum menginjak tingkat lanjutan dan spesiailisasi yang diselenggarakan oleh Markas Cabang. Sedangkan bagi anggota UKM kepalangmerahan, setelah pelatihan dasar di UKM dapat ditindaklanjuti pelatihan lanjutan di Cabang untuk menjadi anggota KSR PMI Perguruan Tinggi. Pelatihan spesialisasi biasanya akan diberikan kepada KSR yang siap menjadi anggota "Satgana" (Satuan Siaga Penanggulangan Bencana). Cakupan kegiatan tersebut pada intinya diarahkan untuk melaksanakan pertolongan/bantuan dalam kesatuan unit terorganisasi di bidang Penanggulangan Bencana serta Pelayanan Sosial dan Kesehatan Masyarakat.

Kegiatan KSR
§ Donor darah sukarela
§ Pertolongan pertama dan evakuasi pada kecelakaan, bencana dan konflik
§ Dapur umum, penampungan darurat, distribusi relief, "tracing and mailing" untuk korban bencana
§ Pelayanan pada program berbasis masyarakat (CBFA/CBDP)
§ Layanan konseling dan Pendidikan Remaja Sebaya (PRS), Pendidikan Wanita Sebaya (PWS) untuk pencegahan sebaran HIV/AIDS dan narkoba dengan pendekatan
§ Ketrampilan hidup
§ Temu karya KSR
§ Membantu PMI Cabang membina PMR




Cakupan kegiatan tersebut pada intinya diarahkan untuk melaksanakan pertolongan/bantuan dalam kesatuan unit terorganisasi di bidang Penanggulangan Bencana serta Pelayanan Sosial dan Kesehatan Masyarakat. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar