Kamis, 08 Maret 2012

ksr-pmi unit unisda lamongan










SEJARAH KORPS SUKARELA PALANG MERAH INDONESIA UNIT UNIVERSITAS ISLAM DARUL ULUM LAMONGAN

1.      Tahap Pendahuluan
Bahwa sesungguhnya umat manusia sebagai ciptaan Allah Yang Maha Esa, sejak dilahirkan ke dunia pada hakikatnya mempunyai derajat, hak serta martabat yang sama dan sebagai mahkluk sosial yang memerlukan satu sa,a lain.
Oleh karena itu didasarkan atas ketaqwaan kepada Allah SWT, menjadi kewajiban bagi seluruh umat manusia untuk saling menolong di dalam penderitaan tanpa membedakan agama, bangsa, suku bangsa, golongan, warna kulit dan bahasa.(Mukaddimah AD/ART KSR-PMI UNISDA).
Seiring dengan berkembangnya pola pembinaan kemahasiswaan di Universitas ISLAM DARUL ULUM LAMONGAN dalam bentuk kurikuler yang baik dan merupakan pelayanan akademik baik berupa kegiatan intra kurikuer maupun ekstra kurikuler, Secara operasional pembinaan mahasiswa ini berdasarkan:
1.
2.   SK Mendikbud No.0319/U/1983.
3.   Pedoman Pembinaan Mahasiswa
5.   Status Universitas ISLAM DARUL ULUM LAMONGAN.
Hal tersebut mengilhami pimpinan Universitas Islam darul ulum lamongan dan beberapa mahasiswa untuk membentuk suatu organisasi intra yang berkecimpung dalam bidang pelayanan sosial kemanusiaan yang diberi nama Korps Sukarela Palang Merah Indonesia Unit Universitas Islam darul ulum lamongan Pembentukan organisasi tersebut mempunyai tujuan utama untuk menampung dan menyalurkan minat mahasiswa Universitas Islam darul ulum lamongan dalam bidang pelayanan sosial kemanusiaan hal tersebut untuk menunjang tujuan umum yaitu membentuk akademisi muslim yang berakhlak mulia, cakap, percaya diri dan berguna bagi masyarakat, bangsa dan Negara serta memiliki tujuan khususnya yaitu membina akademisi yang sadar menjalankan tugas dan pengabdian.

2.       Tahap Perintisan
Untuk mewujudkannya maka pada tahun 2009 mas benoe (nuharto) merintis keberadaan ksr pmi di unisda dengan mengadakan donor darah rutinan, stelah selang beberapa bulan alhamdulillah akhirnya ksr-pmi dapat brdiri dengan terbitnya surat keputusan dan mas benu sbagai komandan pertama. 
Adanya kesibukan pribadi ditambah dengan kondisi Universitas Islam darul ulum lamongan yang mulai bangun dari tidurnya yang panjang serta adanya pergantian pimpinan universitas tentunya membawa dampak terhadap kebijaksanaan dalam pola pembinaan mahasiswa, maka lengkap sudah hambatan yang dihadapi para perintis tersebut untuk mendirikan organisasi KSR-PMI di lingkungan Universitas Islam darul ulum lamongan pada saat itu.
3.      Tahap Pendirian
Setelah teijadinya kekosongan yang cukup lama, akhirnya pada bulan September tahun 2011 atas inisiatiaf dari
1. ary irsyadi (F.HUKUM) KOMANDAN II
2. a.arif sarifudin (FKIP) KOMANDAN III
3.FI'AT (FAPERTA)
Ketiga orang tersebut berusana dengan kerasnya mewujudkan cita-citanya dengan jalan membuka pendaftaran anggota baru KSR-PMI UNISDA. Bagai gayung bersambut maka kesempatan tersebut tidak disia-siakan oleh para mahasiswa pecinta kemanusiaan. Ini terbukti dengan banyaknya mahasiswa mendaftar dan meengikuti Diklatdas KSR-PMI UNISDA. Tercatat sebanyak 16 mahasiswa dari berbagai jurusan yang mengikuti kegiatan tersebut.
Materi yang diberikan pada diklat tersebut adalah PP ( Pertolongan Pertama). PK (perawatan keluarga) .dll
04 maret 2012 pukul 15.00 bbwi diadakan diklat sekaligus reformasi. dan pada tanggal 07 maret 2012 dilanjutkan pembentukan pengurus KSR-PMI Unit Universitas Islam darul ulum lamongan. Adapun tatacara pemilihan pengurus tersebut adalah dengan system perwakilan. orang wakilnya untuk duduk di dalam kepengurusan dengan komposisi yang diatur oleh para wakil tersebut, sekaligus menyusun kelengkapan-kelengkapan organisasi yang lain terasuk penyusunan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga KSR-PMI Unit Universitas Muhammadiyah Malang Adapun bentuk dan isi dari AD/ART KSR-PMI UMM beracuan pada 3 AD/ART yang ada yaitu:
1.   AD/ART Palang Merah Indonesia.
2.   AD/ART KSR-PMI Unit universitas Islam darul ulum lamongan
3. buku panduan akademik.
Yang disesuaikan dengan keadaan Universitas Islam darul ulum lamongan pada saat itu. Turunnya Surat Keputusan Rektor pada tanggal 14 maret menandai berdirinya organisasi instra kuriikuler Korps Sukarda Palang Merah Indonesia Unit Universitas Islam darul ulum lamongan secara resmi. Diharapkan pengurus tersebut dapat menyelenggarakan DIKLATDAS dengan materi penuh sesuai dengan keteentuan PMI sekaligus menandai berdirinya Unit KSR di PMI Cabang kota lAMONGAN

1 komentar:

  1. yang buat blog ini apa betul2 dah cari narasumber yg kapabel untuk hasilnya... karena didalamnya masih banyak kesalahan dan kekurangan, contoh.. penggunaan nama ksr-pmi unit unisda itu... dasar hukumnya dari pmi mana? karena yg berhak untuk meresmikan ksr-pmi itu bukan hanya rektorat tp pmi kabupaten setempat.kiranya blog ini ditutup sementara sambil segera untuk konsultasikan kedudukan ksr-pmi unit unisda ini dengan pmi kab. setempat.

    BalasHapus